June 02, 2008

Norwegian Wood

Judul buku : Norwegian Wood
Penulis : Haruki Murakami
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Tebal Buku : 554 halaman
Harga : 50-60k
Nilai : 5/5... :)


Buku ini saya beli waktu Pameran Buku gitu di Gramedia Expo (kayanya pernah posting juga...)
Dari rekomendasi seorang kenalan... katanya sih ni buku bisa bikin dia mewek gitu...
Ya, penasaran lah...

Dari cover udah keliatan ni buku Jepang, nama penulisnya juga Jepang banget toh!!! (tapi, awalnya saya kira Haruki teh cewek... heheh...)

Norwegian Wood, judul lagu punyaan Group The Beatles yang jadi lagu favorit dari Naoko (salah satu karakter utama ni buku).
Kenapa The Beatles??? kok bukan Soneta gituwww...
heheh...
Karena eh karena, dari awal juga ni penulis orang Jepang!!!
Kalo Soneta yang dipake... judulnya bakalan jadi "Judi" dong... ga lucu kan!!!

Settingan ni buku emang tahun 60-70an gitu.
Tentang cinta, sah2 aja toh pake setting tahun berapapun.

Tapi, jangan dibayangin seperti Solo tempo doeloe... pacaran di bawah sinar rembulan... jalan2 di Jalan Slamet Riyadi naek sepeda onthel... nonton ketoprak...
balik jam 9 malem gara2 takut dimarahin bokap si cewek... ihhh... naif banget kalo gitu mah!

Tokoh utama ni buku, Watanabe... tentang cintanya pada Naoko, tokoh melakolis yang juga depresif... di sebagian besar ceritanya di buku ini, Naoko dirawat di sebuah fasilitas Kejiwaan gitu deh...
Watanabe yang digambarkan sebagai seorang pemuda, with average look... not a genius, but smart enuff... tapi, cenderung semua orang suka... (tapi, ga intimidatif seperti "kesempurnaan" si Fahri di Ayat2 Cinta)

Ni buku bercerita tentang cinta, tapi ga jadi klise, jalan cerita yang ga "konvensional"...
Pun, beberapa detil "kejadian"...tentang sex... cukup diumbar... walau (menurut saya sih) ga jadi vulgar dan kacangan.

Satu karakter yang jadi favorit saya adalah Midori, karakter cewe, tapi ga terlalu cewe... cukup berbeda dengan karakter Naoko (yang digambarkan cewek banget....).
Satu bagian yang bikin saya suddenly-ngakak... adalah "sesuatu" yang dilakukan Naoko di depan photo ayahnya...hihihih... sumpah! Baru sekali itu saya membaca cerita yang "shockingly-surprising"...but fun!!!!

Cerita yang "Jepang" banget... (kalo yang suka nonton Dorama, pasti ngeh kalo banyak dram2 jepang yang ga selalu berakhir bahagia... tapi bukan berarti sad ending juga! That's why I like it!)

Buku ini saya lalap cuma 2 minggu saja (cukup cepat buat slow-reader seperti saya)... udah selesai kapan bulan dulu sih... tapi baru mood bikin review sekarang...

Saya kasih 5 bintang...karena saya emang baik hati...hihihi...
Salah satu buku favorit saya...

2 toyoran:

Anonymous said...

buku ini gw beli berbulan-bulan yang lalu....bagus...setuju sama reviewnya...

Manusia Bodoh said...

One of my fave....

Midori...rocks!!! heheh...