May 21, 2011

Happiness is...


Jadi, baru nyampe tadi pagi di ibukota Propinsi karena ada keperluan.
Semaleman digoyang ombak, sempet muntah-muntah 3X di kapal, sampe sore ini juga masih rada kerasa mualnya, meski ga ngeganggu selera makan... *sigh*

Udah kepikiran pengin ngeblog, tapi belom sempet mulu... ga ada mood...
Secara ni di kota lagi hujan... mau jalan ga ada temen... mau makan... nunggu agak maleman aja degh... *memandangi perut*

Jadi dokter PTT di tempat terpencil, gaulnya selain dengan sesama dokter senasib-seperjuangan, juga kudu baik-baik ama dokter yang udah menetap dan jadi pegawai negeri sipil di situ.

Ceritanya, sekitar seminggu yang lalu, saya dan beberapa temen sejawat diundang makan malem di tempat seorang dokter spesialis yang udah tinggal di situ sudah sekitar 14 tahunan, sejak dia masih GP dan sekarang udah jadi spesialis.
Dapet istri orang setempat, punya usaha yang cukup maju. Jadilah pasangan ini adalah salah satu orang yang "paling" berada di kabupaten tempat saya tugas.

Ni dokter baru selesai bikin rumah, untuk ukuran tempat dengan kategori sangat terpoencil, bisa dibilang ni rumah lumayan spektakuler.
Kalo saya bilang sih, yang bikin rumahnya jadi luar biasa karena letaknya yang tepat di bibi bukit landai dengan view langsung ke teluk kabupaten.
Jadi kalo sunrise/sunset, katanya sih bisa langsung liat matahari langsung keluar/masuk dari/ke laut gitu...

Pas acara kita makan2 itu, sempet diceritain, gimana proses pembangunan tu rumah dari proses beli tanah, perijinan (yang pake jasa "kenalan"), desain, beli bahan2 bangunan (dari Jawa), sampe proses pembangunan yang katanya musti ditungguin, secara kadang suka dicurangi...
Sempet diceritain, udah jadi dinding, kudu dibongkar lagi karena menurutnya ga sesuai "standar" yang dia mau...
Mangkanya, kalo denger-denger "neighbour-whispering" (bisik-bisik tetangga maksudnya!!! *garing*) katanya sih, total jendral bikin tu rumah sampe ber-eM-eM...

Selang beberapa hari, kalo pagi jaga UGD dan ga ada pasien, saya dan temen-temen sukanya nongkrong di ruang jaga, sambil ngapain lah... nonton dvd... ngemil... ngobrol...
Seorang temen, nyeletuk... betapa enaknya jadi si A (temen sejawat yang lain), anak dokter spesialis cukup kenamaan di kota, emaknya juga pengusaha, masih keponakan dokter yang punya rumah baru di atas, otomatis, duit gaji PTT-nya relatif masih utuh...
Atau si B (temen sejawat yang lain), anaknya Kepala Dinas, bokapnya punya bisnis yang lumayan, sekalinya liburan tahun baru kemaren... ke Turki aja gitu...

Singkat kata, kalo dari yang saya tangkep, temen saya ini cuma punya satu cita-cita... "Jadi orang Kaya, yang secara materi ga usah mikirin lagi... dia berprinsip, kalo jadi orang kaya, siapa juga bisa "tunduk"..."
Kalo punya banyak uang, hidup pasti bahagia... gampangnya mungkin gitu...

Saya sih kalo denger orang bicara, meskipun ga setuju, saya jarang banget ngedebat orang, apalagi tentang hal yang "ga signifikan".

Beberapa hari kemaren,...
Di acara syukuran nikahan temen, tahlilan, dan makan-makan...
Di tengah acara makan-makan, saya lihat ni kakak-beradik, cowok-cewek, umurnya paling ga lebih dari 4 dan 7 tahun...
Berduaan, ni anak2 bolak-balik ngider ngambilin piring yang bekas dipake orang.
As we know, adatnya orang Indonesia... ngambil makanan prasmanan, suka lapar mata... semua diambil... icip2 dikit, ga dihabisin... ga seperti saya... ambil banyak, tapi habis... (BANGGA???!!! *byebye six-pack* *garuk2aspal*)
Sepele sih, tapi kasian aja gitu ngeliatin anak-anak sekecil gitu bolak-balik ngambilin piring, sekali angkut paling 3-4 piring... padahal undangannya mungkin sekitar 300-400 orang.

Yang bikin saya takjub, ni anak-anak, sambil ngangkutin piring-piring, dia ketawa-ketiwi aja, kadang kejar-kejaran, lomba cepet-cepetan ngambil piring... meski kadang saya rada watir kalo piringnya jatoh. Ga ada tampang mrengut karena terpaksa atau gimana...
Saya sempet mellow aja merhatiin, sampe temen saya yang kayanya nyadar, bilang sama saya ... "Bang, sampe takjub gitu ngelihatnya".

Saya gak mau sok-sokan jadi "Mario teguh" dadakan...
Tapi bener ya,... standar kebahagiaan itu beda dilihat dari mata setiap orang.

Kadang saya suka "ngiri" sama temen-temen yang begitu lulus bisa langsung lanjutin sekolah, ga usah mikir biaya dari mana.
Suka miris kalo ada temen yang santai-santai aja, padahal kesempatan terbuka lebar, hanya karena punya koneksi, bapak-mama-nya orang dengan "pengaruh".

Sampe sekarang,...
Saya masih meraba-raba... sebenernya apa yang saya cari?
Setiap manusia berhak untuk berbahagia dengan standar kebahagiaannya sendiri.

Mungkin...
Saya ga perlu mikir terlalu jauh, tentang arti bahagia...
Seperti yang saya lihat kemarin di paras anak-anak pengangkut piring itu.
Jalani saja yang ada, ga usah mikir telalu berat...
Dan sesekali tertawa lepas...

Toh hidup terus berjalan, seperti bumi yang terus berputar...

Yah... sudahlah...


PS:.... :)


2 toyoran:

Jay said...

*tersenyum*

JC said...

Suka banget tulisan yang ini