September 14, 2009

Jangan Lupakan... Pleaseee....!!!

Minggu, 16 Agustus 2009



I heart Indonesia.


Cuma karena saya sering sok! “ngInggris” (dengan grammar, tenses dan vocab yang ala kadarnya!) setiap ngeblog, bukan berarti saya gag cinta Indonesia.


Bukan juga karena saya sering mencela tayangan sinetron dengan cerita dan akting pemeran – pemeran-nya yang bikin gatel (hey, they are made in “India”, anyway!), atau “nyepet ” seleb Indo yang sering berkelakuan gag wajar… hihihh… lantas membuat saya desperately looking for a foreign lover in order to get me out from this country and change my nationality… NEVER!


Meski kalo saya mengingat – ingat, pernah saya ber”diskusi” konyol – konyolan dengan temen – temen, waktu itu sedang heboh tentang makanan formalin, terus merentet, daging glonggong, atau produk “sapi jadi – jadian” (celeng!), jajanan berwarna ngejreng yang ternyata pake pewarna tekstil, atau segala hal yang berhubungan tentang betapa “kreatifnya” orang Indonesia, kita bilang “Indonesia Banget deh!”.

It’s kinda harsh, and ironic actually… since I found that all of those just caused by lack of prosperity and knowledge among people.
Hanya karena saya sering tulis betapa banyak ketimpangan dan serta merta “menyalahkan” (dan mengumpat! Heheh…) pihak – pihak yang “menurut saya “ sedikit banyak bertanggung jawab, bukan berarti saya gag cinta Tanah Air Indonesia.

Ngomong – ngomong Tanah Air, jadi inget waktu Agni Pratista jawab final question di Puteri Indonesia Pageant few years ago (yeah, I admit that I watched it!...CONG!!!), when she answered with a quite simple -but right to the core- statement… Pertanyaan klise, “Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri atas darat dan laut. Bila harus memilih, mana yang lebih penting antara daratan dan lautan?”
Ketika 2 finalis lain menjawab dengan “biasa”, alih – alih, doi bilang:
Lautan dan Daratan adalah sama penting. Dan Indonesia adalah satu – satunya Negara di dunia yang menyebut negeri-nya dengan kata Tanah Air”.
Meski bener apa nggak-nya is questionable (mungkin orang-orang Negara tetangga -yang demen banget mengklaim property Indonesia itu!- juga nyebut Tanah Air), menurut pendapat pribadi saya, it was the most clever statement that an Indonesian Beauty Pageant finalist had ever given, instead “Indonesia is a beautiful CITY”-nya Nadine… heheh!


As an optimist, there are so many things that we could be proud of when we talk about this country.
Seperti yang sering didengung – dengungkan para “orang penting” yang berebut kekuasaan itu.
But, as time went by, I saw things… real things… that, beside those greatnesses of my country, there are other things, important one, but often been forgotten, coincidentally, or… maybe, intentionally? Belakangan, saya merasa sangat beruntung kalo saya lahir, tumbuh (become a truly Cong!), dan belajar di Pulau Jawa.
Bahkan, kadang… saya merasa, betapa kurang bersyukurnya saya selama ini. (*lebay!*)


I don’t know what I am trying to tell…
But Indonesia is more than just Jawa, Bali and… some other big cities… (Once again… Indonesia IS NOT a beautiful city, jeung!!!!)

Bagaimana dengan yang tinggal jauh dari “peradaban”?…

Just because they live far from “decent – civilization”, and rarely (or almost never!) touched by publication, it doesn’t mean that they are not exist, rite!

I saw things… and more, experienced a bit… by living among them…
Ada hal yang mengganjal di benak saya…

Di kota besar sana, ada pasien mengeluh atas pelayanan RS yang kurang memuaskan, dan lalu berunek – unek. Kalo saya bilang sih, kalo gag puas atas pelayanannya, minta pindah RS atuh, kayak di Jakarta cuma ada 1 RS ajah. Ummm… bukannya saya membela dokter atau RS “itu”, karena menurut saya, kedua pihak bersikap lebay – sulebay – syalalala (*gegeolan sambil pegang kecrek – kecrek*)… karena menurut saya, RS-nya juga, kudunya jelasin “informed-consent” atas tindakan yang dilakukan… sejelas – jelasnya (pasien jelas bukan orang dusun yang heu-euh ajah digimana – gimanain!).
Menuntut sampe ke Pengadilan???
Ummm… malah jadi panjang, dan saya kira, di mata masyarakat, citra dokter (dan RS Indonesia) makin nyusrug…


Sementara di sini, baru sekarang saya dapet pasien, muntah dengan bonus 3 ekor cacing sepanjang 5 – 10 cm bergeliatan, dan semua anggota keluarga dan yang ngelihat, menganggap itu adalah hal yang biasa (reaksinya meni pada datarrrrrr…).

Apparently, cuma saya ajah yang seumur – umur (waktu di coass 2 tahun lebih pun belom pernah) lihat langsung Ascaris lumbricoides fresh from the gastro! (akhirnya, bisa juga pake kata itu, emang cuma CinLau aja yang bisa!!!)


Sering, pasien datang dengan keluhan b*k*r atau muntah cacing… dan dengan santai, sambil cengengesan… minta obat cacing, seolah beli pecin di kios, “200-eun, kembalinya permen”- ceunah (*ketauan sering jaga warung*…hihihhih).

Padahal, cacing definitely bukan hal remeh – temeh (*seremeh berita infotainment itu!*), gimana misalnya kalo sampe terjadi neurocysticercosis??!! (Grey’s mania!!!!! Aduhhhh… gatel pengin beli lanjutannya!!!), atau nyasar ke mana – mana dan ngakibatin penyakit yang lebih gawat daripada b*k*r cacing!


Contoh lain, paling ribet, dan susah… kalo dapet pasien dengan penyakit extra-ordinary yang butuh dirujuk, tapi susah transportasi, a.e. kemaren sempat ‘njujug pasien dengan CVA, udah jelasin sama keluarga, tapi tetep keukeuh, minta diinfus ajah (just like infuse is obat buat segala penyakit!!!)
Ya sut… daripada nggrundel, pasang ajah… walau akhirnya plus juga! Inna lillahi!


Intinya sih, something wrong is happened.
Terus, merepet ke masalah lain, sodara – sodara(*semangat membara berkobar - kobar, ibarat penyuluhan ke Ibu – Ibu PKK tentang “Teknik menyusui bayi (dan suami!) yang benar!”*… huhuhuh)
Bukannya saya gag setuju, kalo di Aceh sana, karena Tsunami terus didirikan banyak Madrasah dengan fasilitas yang saya ajah waktu sekolah gag pernah dapet.
Atau waktu tragedi kemanusiaan Palestina, sampe ngadain Malam Dana besar – besaran (dengan promotor satu partai… waktu itu deket – deket Pemilu pula!!! Jangan – jangan… ehem… ya… jangan – jangan!!! Heheh… hush… pamali berburuk sangka!), dan hasilnya konon mau bikin Rumah Sakit di sana.


Sekali lagi, bukannya gag setuju, justru saya ngedukung pisan, toh demi kebaikan juga dan jelas banyak yang terbantu (sekaligus jadi bahan buat kampanye dan naikin pendapatan suara juga, bukan??? Hush… Pamali….!!!).
Tapi, kalo saudara – saudara yang di sana dapet bantuan.
Bukan berarti kalo yang di sini, hanya karena gag pernah disorot, gag pernah masuk berita, dan jumlah pemilih gag signifikan bisa naekin jumlah kursi (hush… Pemilu geus liwat, kasep!!! Pamali…!!! Hihihhhi).
It doesn’t mean that they are not exist, does it??!!


Ummm… males yah, ngomongin yang berat kayak gitu… bikin rarieut bin jangar binti lara ‘ndhaskuwww!
Betewe, Indonesia besok mau ultah yes! Udah 64 taun lepas dari penjajah asing.
Emang sih, banyak yang udah dibangun, dan kehidupan lebih baik sekarang (at least, from superficial sight!) daripada waktu rakyat Indonesia gag lebih dari sekedar pribumi yang pantas diperbudak.

Damn Colonialism!!!


Kalo dulu, seenggaknya yang menjajah adalah orang asing haram jadah (hehehe….). Yang bikin kita semua bersatu-senasib-sepenanggungan, dan Alhamdulillah, setelah 3 ½ abad penjajahan, bisa juga jadi bangsa yang berdaulat di 17 Agustus 1945.

Jadi jangan sampe, kalo sekarang ada penjajahan lagi yang dilakukan oleh sesama saudara sendiri.

Emang berlebihan siy… dan saya sadar, semua butuh waktu…


Sempat, saya berkunjung ke desa sebelah, tempat tugas saya sebelumnya.
Masih gag banyak berubah, tanpa saya, otomatis petugas kesehatan cuma 1 orang bidan (yang sering ngilang itu!) – sedikit banyak saya jadi ngerasa bersalah juga, maafkan!!! – tapi, waktu saya saranin ama Pak Camat untuk lapor ke Dinas atau Bupati supaya minta tambahan tenaga medis, tanggapan doi cuma “Males, paling susah ngarepin PemDa!”


To be honest, I’d been kinda disappointed by his reaction.

Camatnya ajah males, terus mo ngarepin siapa lagi???

Tapi, sedikit banyak saya juga maklum… karena emang ngadepin orang – orang di atas itu, seperti ngadepin orang yang manis di bibir ajah (bukan berarti saya pernah cium orang – orang ituh loh ya… amit amit… gag ada yang cakep!!!! *ketok meja tiga kali, sebar garem lewatin pundak, ludah – ludah ke samping sambil berharap ada S***l J***l di sebelah*…. Huhhuhuhh) alias, waktu ngadep, dapet jawaban ngademin, sedikit bikin optimis… tapi, setelah kembali liat kenyataan… cuma OmDo… NATO!!!


Balik lagi ke Ultah RI, waktu ke Desa itu, ternyata, cuma karena penduduk di desa itu adalah orang – orang yang “tak sengaja terlupakan” (*agak lebay sih, tapi, biar dramatis gapapa lah!*), bukan berarti mereka gag cinta Indonesia.

Sejak sebulan sebelum Hari Perayaan Kemerdekaan, udah banyak kesibukan yang kalo di kota – kota besar, mungkin malah udah ditinggalin.
Hanya sederhana saja, tapi… buat saya, rasanya ada yang lebih daripada yang terlihat.

Dari pagi sampe sore, anak – anak latihan gerak jalan untuk lomba di hari H, Paskibra (yang dibikin ngikut – ngikut pake formasi pasukan 17 , 8, dan 45… so cliché, tapi, I saluted them!) meni semangat latihan bolak – balik keliling kampung, dengan segala keterbatasan (eghhh… ternyata ada cong-nya juga loh… hahahahah… ternyata, di tempat kaya gini juga ada!!! Tapi, sayang… coba kalo doi punya bodi padat dan muka rada garang seperti kebanyakan temen – temennya yang laen… hahahahhaa!).

Pengumuman lomba – lomba dan susunan panitia Peringatan Kemerdekaan RI dengan ejaan dan kalimat – kalimat nan lugu yang ditempel di papan pengumuman Balai Desa (sayang, saya lupa gimana persisnya, dan gag sempat saya poto juga, damn!!!).


Atau, anak – anak dan guru – guru SD – SMP – SMA dengan pegawai Kantor Kecamatan, juga PolSek, gotong royong bersihin lapangan upacara, angkut – angkut pasir dari pantai (yang jaraknya 1 km!) buat bikin tiang pancang bendera yang lebih kokoh… guna Upacara di hari H.
Definitely, gag ragu kalo mereka juga cinta Indonesia.

Saya juga, masih inget, dulu, kalo nonton Badminton di tivi, kalo Indonesia maju… bikin ikutan deg – degan, ikutan teriak – teriak, ikutan sedih kalo kalah… juga ikutan tahan nangis kalo lihat Sang Saka Merah Putih berkibar.

Sampe sekarang, meski Indonesia Raya sedikit berkurang digemakan (ayo dong, badminton Indonesia… kaya dulu lagi, or even more, I’m sure You can!!!), masih ada rasa bangga itu.

Lepas dari citra Indonesia yang harusnya bisa lebih baik dari sekarang, yah… butuh waktu… I believe,… maybe someday… yes,…. SOMEDAY!!!

Udah ngelantur ke mana – mana, cape, intinya sih…


“Met Ulang tahun Indonesia… I HEART You full, degh!!!”

Mudah – mudahan, jadi Negara yang lebih sejahtera, buat SELURUH rakyatnya…

“Indonesia Raya… Merdeka… Merdeka…

Tanahku, Negeriku… yang Kucinta…”





PS: Coba kalo ada karnaval di sini, udah siap – siap kebaya niyyyyy…. Huhuhuhhuu!!!!


*gambar di co-pas dari sini*

7 toyoran:

Apisindica said...

tulisan yang cerdas dan lugas... Dokter yang ditunggu-tunggu indonesia akan segera lahir. hehehehe. Lebay!

Jo said...

Wah.. bagus kalo gini Om, menyuarakan yang tak terdengar dan terlihat sebelumnya..

Gw pengen punya media kayak om Surya Paloh tuh hehe. (Tapi kapan yaa). Rencananya gw akan liput setiap daerah tertinggal di Indonesia. Trus gw manfaatkan orang2x yang gila pujian dan mencari ketenaran (i.e politikus) itu untuk datang trus ngasih sedikit perbaikan. Nah.. gw 'kibarkan' namanya sehingga musuh2xnya kemudian akan mencari daerah miskin sebanyak2x nya dan menanamkan 'saham' kebaikan juga disana untuk mencari nama hihihi.. Trend ini akan berlanjut sampai semua daerah tertinggal telah terbantu. Wuihh.. akan gw kendalikan semuanya dengan membentuk opini dikepala mereka semua.. Huahahaha... *tertawa setan*

Skenario alternatif: Yah, tetep lewat media sih.. bikin trend baru.. beramal itu sangatlah bergengsi, lebih dari pada punya BB atau di silet2x, atau kawin-cerai, atau nonton sinetron, atau jadi fans S***** J****. Huahahahaha

ps. Maap.. kommennya panjang :p

Ginkoberry said...

Eh cara biar tetap bersih dari cacing pita gimana ya? Agak serem juga bacanya...

Manusia Bodoh said...

Apis... Biasa ajah kaleee...
Cuma karena saya tulis yang (sok!) idealis... bukan berarti saya tanpa cela juga....

Manusia Bodoh said...

Jo...
Sok atuh, beli koran apa gitu...
Mulai dari yang ecek2...seperti tabloid bergambar cewek (gag terlalu!) cantik berbikini itu ajah dulu....xixixi

Manusia Bodoh said...

Ginko...

Mau bersih dari cacing pita??? makan gunting ajah...biar pitanya dipotong2... (*garing*)

JAga kebersihan, makanan terutama yang bersumber hewani kudu mateng!

Kalo gag salah inget, B2 (terutama hati) adalah salah satu inang Cacing pita (taenia solium)yang cukup tinggi prevalensinya... kalo kamu mengkonsumsinya... ya itu... jaga kebersihan dan masak sampe mateng...

Minum obat cacing teratur tiap 6 bulan juga salah satu cara pencegahan...

Ginko said...

Oh gitu ya pak dokter, trima kasih banyak luoh hehehe. (karena setahu saya combant**** gak bisa buat memusnahkan cacing pita).