December 07, 2008

Akulah si Malaikat... pencabut nyawa!!!! huwaaaaa....

Umur manusia emang ga bisa diprediksi ...
Jalan dan lika-likunya, katanya udah tertulis di "buku nasib", ga ada yang bisa tau juga...

Meski di tivi banyak iklan sms-sms Ramal lah...Weton lah... sampe dukun ini lah... paranormal itu lah... pada lomba, biar orang bisa duluan tau...  nasib en takdirnya... hmmmm aneh, tapi kalo dipikir2 lucu juga!!!!
Kalo ga ada yang percaya, pasi ga bakalan ada iklan-iklan berjamuran kaya sekarang itu...
Yah...sekali lagi.... itulah Indonesia....

Ngomong-ngomong tentang masalah mistis.
Seperti udah pernah saya ceritain sebelumnya.
Di tempat saya tugas, budaya dan kepercayaan mistis masih kental banget.

Sampe suatu kejadian... sebenernya sih biasa ajah...
Cuma, kok ya pas ajah momennya.

Beberapa hari saya tugas di sana, ummm...ni kejadian udah hampir selesai musim mencretnya (Alhamdulillah!), cuma satu-dua ajah yang masih rawat infus... dan ga terlalu parah juga... pasang infus cuma karena keluarganya parno doang (iyah...kaki beta yang sengkleng!!!! heheh...sabarrrr!!!!).

Ada sepasang suami istri, udah tua... umurnya mungkin lebih dari 60tahun.
Pertama, suaminya menderita lumpuh (tetraplegi), katanya sih riwayat jatuh dari pohon cengkeh.
Kejadian udah lebih dari 4 tahun yang lalu.... jadi kebayang kan, selama 4 tahun lumpuh...

Dan ironisnya, berhubung keluarganya juga kurang edukasi...maklum lah...
Yah, jadilah... dirawat sekenanya.
Direbahin cuma di lantai beralas tikar.
So, jelas ajah... ulcus decubitus di mana-mana...terutama di punggungnya.... sampe ada laler segala berterbangan di sekitarnya...
Aromanya??? Definitely, not my fave scent...
Walau agak heran juga sih... kalo udah 4 tahun...kudunya ulcus-nya lebih parah dari itu.
Keadaannya, aduh...ga tega saya lihatnya...

Keluarganya minta saya periksa, kalo bisa ya sembuhin...

Waduh....
Ya, rasional ajah sih saya mah... sadar diri dan kemampuan lah!!!
Ga sanggup...udah 4 tahun lebih lumpuh, secara, syaraf-syarafnya juga udah hampir ga mungkin beregenerasi lagi...
Kalopun dirawat di rumah sakit...ya paling cuma bersifat suportif ajah...
Yang bisa saya bantu, ya paling...rawat luka ajah...

Dan, secara saya emang lagi ga bawa peralatan untuk rawat luka itu... saya bilang, kalo besok bakalan saya bawain alat-alatnya, cuma simple aja sih...betadine...kapas...dan alat-alat untuk rawat luka... seadanya ... Puskesmas gitu loh!

Besok siangnya, sepulang Puskesmas...dalam perjalanan mau ganti infus di salah seorang pasien yang sedang dirawat...

Weeee, ladhalah... kok ya Bapak yang Lumpuh kemarin sudah "pulang".... deg!!!!
Udah 4 tahun lumpuh.... kok pas abis saya periksa, terus sorenya mau rawat luka...egh...keburu di"panggil"... Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rooji'uun....

3 hari sesudah itu... Si anak minta tolong saya lagi...
Ternyata keadaan istrinya Bapak almarhum tadi, gak jauh beda...
Diceritakan...udah lebih dari 2 tahun lumpuh juga...
Kalo istrinya, besar kemungkinan karena Stroke...

Ulcusnya pun ga kalah parah... di punggung dan pinggulnya....
Sama2 kurang terawat...
Sama2 beraroma.... ummm... gitu deh!
(Sekilas info... aroma ulcus/ gangren... adalah aroma yang aduuuhhh... bikin ga selera makan deh!...tapi, untung yang periksa saya... selera makan saya mah ga ngaruh!!! heheh...hiks!)

Yah, secara saya emang udah ada alat-alatnya untuk rawat luka.
Pagi-pagi (selesai ganti infus di rumah pasien! heheh... sampe bosen toh bacanya tentang per-infusan itu!...emang ga selesai-selesai sih... lepas di sana...pasang di sini... sembuh di sini... besoknya pasang infus lagi di ujung sono!!!) saya bantu rawat luka... ya sambil ngajarin juga, supaya keluarganya bisa mandiri (baca: cape kalo tiap pagi sore saya kudu bolak-balik ke situ terus...hihih... maafkan!!! Harap maklum!!!).

Selesai rawat luka, saya pulang... mandi... minum kopi dan ngemil...
Berangkat Puskesmas seperti biasa...

Pulang Puskesmas...kepanasan... nongkrong2 di dapur, nemenin Mak Ih masak, ngobrol-ngobrol, nahan laper....

Wealaaaahhhhh....
Dibilangin... Ibu itu (yang tadi saya rawat lukanya!), juga udah "pulang" siang ini!!!
DEG!!!!

Whatttttt???????

Inna lillahi wa Inna Ilaihi Rooji'uun....

Ya ampyuuuuunnn... naon ieu teh!!!
Emang sih namanya umur ga ada yang bisa ditebak... tapi...
Lah kok ya meni pas abis bersentuhan dengan saya...
Whatta coincidence!!!!

Sedikit banyak, saya jadi kepikiran en ngerasa gak enak juga....
Walaupun, secara pribadi sih... kasian juga kalo berlama-lama dalam kondisi kaya gitu...

Hmmm...
Yah...mudah2an jalannya dilancarkan, mengingat di dunia, harus menderita sekian lama...

Jadi mikir juga sih...
God must have plans... on me...
Yah... hopefully, all for good!!!




NB: once more... "Dear GOD... I can't do this by my own... So HELP me, please!!!
I know YOU know!!!
"

0 toyoran: