December 04, 2007

Title : Grave of The Fireflies (Hotaru no Haka)
Director: Isao Takahata
Writers: Akiyuki Nosaka
Release : 16 April 1988
Genre : Animation/ Drama




Senen kemaren, baru nomat, My Wife is a Gangster 3, lucu berat... gue suka, meskipun sebenernya adegan actionnya kurang greget... dikit amir... cepet pula...
Tapi bukan itu yang gue mau share...
Grave of The Fireflies... aslinya kartun Jepang, baru nyaho kalo judul aslinya Hotaru no Haka, n baru dapet info dari brosing di Blackle (google hemat energi!) klo ni film rilis tahun 1988, wew... berarti dah ada waktu gue masih kelas 2 SD...
Cuma, ni gue dapet nonton abisan nyewa, iseng iseng liat Boxnya yang unik gitu, dari Studio Ghibli...
Barengan Spirited Away (nice one too...) Princess Mononoke (ni juga lumayan keren)
dan 3 anime Jepang lainnya...
Pertamanya, gak expect apa apa waktu nonton ni movie...
Scene pembukanya aja, so dark...tragic... obviously, not a children movie...

GAris besarnya, cerita ni muvi tentang perjuangan...
Seita dan Satsuke... 2 besodara yang ditinggal bokapnya perang... (yah, settingnya waktu serangan udara waktu Perang Dunia 2 kali!) n nyokapnya meninggal kena serangan udara...

Trus cerita berlanjut waktu mereka berdua diasuh ama keluarga yang dengan "terpaksa" mau ngurus... di situ, walau dikasi makan, dikasi tempat tinggal... kerasa banget, klo si nyonya rumah ga ikhlas banget...

Sampe akhirnya mereka berdua, mutusin keluar dari tu rumah n tinggal di sebuah "gua" kecil... yang sebenernya sebuah "shelter" yang ga/jarang dipake lagi...
2 besodara... Seita yang masih sekitar anak SMP n Setsuko yang masih 5 tahunan... struggling to live in war time... whatta story...

Ummm, menarik juga, kenapa judulnya Grave of the fireflies... ternyata...
Di tengah tengah cerita, waktu Seita n Setsuko malem2 di shelter...gelap, ga ada lampu... Mereka ngumpulin kunang2, lalu ditebarin di dalam shelter... itulah "hiburan" mereka... n paginya, kunang2 yang mati dikubur di depan gua...that's why!!!

Sumpah... gue ga inget, kapan terkhir kali gue "nangis" waktu nonton film...
Weleh, lah kok nonton film kartun, gue nahan mewek berkali2....
Ga kerasa... tears dropped from my eyes... idiiihhhh... heheh,...
Sebenernya waktu gue ketik ni blog, belom kelar nontonnya... gara2, tadi udah keburu musti berangkat kerja...
Besok mo nerusin... mungkin di tempat my new friend...
Aghhh.... ga sabar....

Pengin nangis lagi....kekekekek

1 toyoran:

BoewatChat said...

love this film so much...

sedihhh... begitu berharga-nya sebuah pride bagi orang jepun. walaupun itu sebenarnya keputusan bodoh, karena itu jugalah yang akhirnya mengakibatkan adiknya mati...

kagum... anak sekecil itu punya naluri survival yang luar biasa...

lagi - lagi sedih, ketika ternyata seorang gelandangan di awal film itu... ohhh... setelah semua flash back di dalam film... akhirnya harus... hiks hiks hiks...

udah ahh... lam kenal yaa...
(sambil ngambil tisu)