October 18, 2011

Lucky ...Me... :')



S
ebagai manusia, saya sering banget mengeluh...
Kurang ini lah... kenapa gitu lah...
Nyinyir-in kejadian... mengumpati kegagalan...

Kadang, kalo nginget-in... suka malu sendiri, betapa kurang dewasa-nya saya ini...
Bereaksi berlebihan ketika sesuatu berjalan ga sesuai dengan yang saya inginkan...

Sering bertanya-tanya, kapan jalan saya dibukakan...
Dalam doa, kadang sambil nangis-nangis ga jelas...
Memohon sedikit cahaya... karena pernah, dalam satu masa... rasanya sedang berjalan dalam gelap, entah harus kemanaaaa... kemanaaaa... kemanaaaa... *muntah kelabang*

Sambil menjalani segala ketentuan-Nya... saya pasrah...

Jadi, seperti pernah kapan tahun itu saya tuliskan...
Udah sejak awal-awal saya berangkat PTT, September 2008, udah cari-cari info tentang kemungkinan beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam perjalanan, ditugaskan ke tempat terisolasi...
Masih inget dengan jelas... gimana saya pernah harus berbagi tikar, ngampar di lantai...
Nonton tivi kalo pas listrik nyala doang, yang nyala-nya juga kadang-kadang...
Berjalan keliling kampung, nginfus-i pasien muntaber... di kala wabah...
Terus pindah tempat tugas, dapet rumah dinas, tapi ga ada aliran air... jadi kudu ngangkutin 2 ember buat persediaan kalo malem-malem pengin b*ker/pipis... :)
Malem-malem di saat tidur, denger suara babi hutan ngelewatin depan rumah... sempet noong dari jendela... tu babi sama anak-anaknya... so sweet yaaa....
Atau, ngelewatin laut waktu ombak, cuma dengan perahu... Alhamdulillah masih diparingi selamat... :')

Banyakkk pengalaman, meski waktu dijalani rasanya nelangsa banget...
udah pengin pulaaannnggg ajah!
Sempet ngumpat-ngumpat... waktu gag boleh minta pindah tempat tugas....
Sempet iri... demi melihat temen sejawat yang baru dateng langsung aja dikasih tempat tugas di RS, hanya karena punya "kenalan"...:)

Tapi, ternyata... kalo diinget-inget sekarang,... saya bersyukur banget udah dikasih jalan yang "tidak biasa"... saya ga bilang apa yang saya tempuh adalah jalan yang sulit... karena dibanding dengan apa yang saya lewati, saya tahu, pasti banyak temen-temen sejawat saya di pelosok negeri yang mengalami hal serupa... atau bahkan jauh lebih parah...

Ternyata, kalau dijalani... meskipun ada masalah yang dateng silih berganti...
Yasudah, dijalani saja... toh hidup terus berjalan...

Masih inget, ketika saya udah berancang-ancang mau pamit... berniat menamatkan PTT saya, dengan asumsi, bila diperpanjang bakaln ditugaskan tetap di negeri antah-berantah...
Ternyata tak selalu kenyataan berjalan seburuk yang saya kira...
Waktu sebagian besar barang udah saya beresin... ada yang sudah saya kirim via paket pos...
Tinggal pamitan sama kepala dinas (kebetulan... Kepala dinasnya baru)... egh... udah bilang mau pulang saja... ujug-ujug, saya ditawari pindah tempat tugas ke RS... (Lucky #1)

Tugas di RS...dengan segala keterbatasan alat dan fasilitas...
berhadapan dengan macem-macem karakter pasien... bekerja berdampingan dengan perawat yang... heheh... ga usah diceritain lah yaaa....
Waktu berjalan, ketemu temen-temen baru dengan latar belakang dan tingkah laku yang beraneka ragam...

Dari PTT ini juga, saya diajari bermain gitar... meski sampe sekarang ya masih situ-gitu aja... lagu-lagu dengan kunci sederhana... tapi, lumayan lah...kalo lagi manyun...atau lagi horny ga ada pelampiasan... huhuhuh... nyanyi sendirian di hadapan ayam-ayam dan kucing piaraan anak-anak mess... :)

Sampe akhirnya kesempatan untuk mendapat beasiswa ada, denagn bantuan temen sejawat yang memiliki "kekerabatan" dengan orang besar di dinas...
Rekomendasi dari bupati bisa didapet... Rekomendasi direktur RS dan kepala dinas pun Alhamdulillah ga susah saya peroleh... (Lucky #2)
Meski baru berhasil lolos berkas pada percobaan mendaftar yang ke-2 kalinya... (panjang ceritanya)...
Berangkat juga saya menjalani rangkaian ujian masuk sekolah...

Entah beruntaung atau gimana...
Ujian tulis... hanya 35 butir soal multiple choices... dengan waktu ujian... 2 jam!!! :)
Alhamdulillah, meskipun ga 100% yakin bener semua... tapi, rata-rata... bisa lah ya... toh, multiple choice juga... kalo ga kebayang jawabannya, ya tinggal hitung kancing (masih jaman ya? :)...)
Padahal, periode sebelumnya, soalnya campuran antara multiple choices dan essay... (Lucky #3)

Ketika dateng ke kota yang belom akrab pun... seumur-umur baru sekali ke kota ini, itupun cuma numpang lewat...
Berencana cari kost sementara, cuma selama periode ujian aja...
Pas lihat pengumuman residen yang diterima periode sebelumnya...
Saya mendapati, nama temen saya waktu saya kuliah dulu.... lumayan akrab...
Kontak-kontak...
Awalnya minta ditemeni cari kost-an... eh, kok ya... ditawari numpang aja di kontrakannya... toh isinya semua residen, juga sama-sama alumni FK yg sama... meski lebih senior.... (Lucky #4)

Tiba saatnya wawancara dengan staf senior...
Paginya saking nervous... waktu mandi sampek muntah-muntah... ('NDESOOO!!!)
Takut salah ngomong... atau ga bisa menjawab pertanyaan yang diajukan...
Kebetulan, berhubung nama saya berawalan "B"... (Bodoh!!! :)...) jadi dapet nomer pertama (kenapa juga ga ada yang namanya berawalan A!!!)...
Waktu masuk,... agak grogi di awal-awal... tapi, ternyata kebanyakan pertanyaan "cuma" tentang pengalaman dan pendapat saya tentang kejadian yang sedang ramai dibicarakan...

Dan... Lucunya...
Kok ya, baru sekarang ini saya baru tahu, seleksi dokter untuk masuk PPDS... disuruh nyanyi.... hihihi...
Meski latar saya cuma "penyanyi kamar mandi"...
Tapi, rada geer juga waktu dikomen... "Suara kamu bagus..." .... hahahahah.... *gelantungan-di-ujung-pohon-pete*
Dan ga tau ajah... yang kepikiran cuma nyanyi lagu... "Kamu Nasi-Saya Naik".... (You Rice Me Up).... *garing* dan untungnya waktu ditanya, ngerti ga tentang isi lagu itu... saya ngeh banget...
tentang penjual nasi goreng kan!!! *dibejekJoshGroban*

Ketika ditanya... bisa maen alat musik?...
Ini yang membuat saya pengin seketika jogging ke Jakarta dan Palembang hanya untuk memeluk dan mengucap terima kasih (*lebay tingkat dunia akhirat*) sama 2 temen PTT saya yang udah duluan sekolah... karena mereka berdua yang dengan santainya ngasih les gratis buat saya maen gitar... (Lucky #4)

Satu hal yang juga sebuah keberuntungan...
Sebelumnya, sudah ada dokter-dokter yang mencoba mengambil program studi yang saya ambil...
Yang pertama, kapan tahun dulu... sudah pernah menempuh pendidikan, di tengah-tengah, di-suruh mengundurkan diri karena terlibat kasus "attitude"
Yang kedua... sudah lolos berkas di depKes... tapi urung ujian, karena diterima sebagai PNS di daerahnya.
Yang ketiga... lolos berkas di DepKes dan Fakultas... yang karenanya, saya gugur waktu itu di tahap berkas, karena dari 1 Kabupaten ga bisa ada 2 dokter yang mengambil program studi yang sama, dan saya "kalah" point karena dia berstatus PNS.... tapi, dalam ujiannya, meski dengan dukungan Beasiswa DepKes (yang merupakan point kuat dalam pertimbangan, meski bukan jaminan).... ternyata ga lulus...
Yang keempat, temen dokter yang asalnya mau ambil program studi yang sama juga di periode yang sama... tapi, setelah dirembug, dengan kemungkinan, salah satu mungkin gugur... dia mau berubah pikiran dan mengambil program studi yang lain... (semoga lulus...sekarang dia sedang ujian! Amiin...)

Coba kalo salah satu dari dokter sebelum saya itu lulus... mungkin sudah tertutup kemungkinan saya buat mendapatkan beasiswa... (Lucky #5)

Tuhan Yang Maha Baik sudah menentukan jalan yang saya tempuh...
Baru kerasa sekarang, kalo ga selalu, hal yang tidak sesuai dengan apa yang direncanakan merupakan kesialan...
Pepatah yang "terlalu" sering dibilang orang... "Kegagalan adalah Keberhasilan yang tertunda"... ternyata ada benernya juga...

Meski ini bukan akhir dari perjuangan... ga boleh terlalu larut dengan euforia "diterima"...
Tapi setidaknya, satu pintu telah dibuka... tinggal berjuang menjalaninya...
Saya tahu, tidak akan mudah... bahkan, somehow, saya ngerasa... bakal banyak rintangan...
Tapi, untuk beberapa tahun ke depan, satu prioritas buat saya capai jelas sudah...
Menyelesaikan pendidikan ini...
Semoga, diberi kekuatan dan kesabaran dalam menjalani prosesnya... amiin...

"Ketika... kau tak sanggup melangkah... Hilang arah dalam kesendirian... Tiada mentari, bagai malam yang kelam... Tiada tempat untuk berlabuh...

Bertahan ... terus berharap... Allah selalu di sisimu... Insya Allah Insya Allah... ADA jalan"-(Maher Zain feat. Fadly)

Alhamdulillah... Tuhan Yang Maha Baik...
Terima Kasih.... :')


PS: mungkin satu lagi "kebetulan" dan "keberuntungan" yang ga saya sangka... Sempet ditanya waktu wawancara... "Siapa idolamu?"... Kalo aja saya cari jawaban "klise"... "paling" saya bakal jawab "Rasulullah saw."... bukan berarti saya tidak mengidolakan beliau, tapi toh sebagai seorang muslim, itu bukan hal yang "aneh" dan merupakan kewajiban untuk mencintai dan meneladani Manusia Pilihan Tuhan... Alih-alih... terpikir, Steve Jobs... secara sedang hangat-hangatnya tentang meninggalnya tokoh jenius itu... dan... ternyata jawaban saya mendapat respon yang "positif"...kelihatannya, dokter-dokter senior itu cukup antusias... :) Padahal, kalo aja ga ada berita tentang figur-nya... entah saya bakal menjawab siapa??? Tapi sih yang pasti bukan S**f*l J*m*l... apalagi O**a Sy*hp*tr* ... ehhh... ga boleh nyinyir!!! :)



2 toyoran:

Anonymous said...

Congratz ya. Milih PPDS apa?

luke! said...

selamat ya....alhamdulillah.

tapi menurut saya sih itu bukan 'keberuntungan'. mungkin bapak memang tidak ditakdirkan mendapat jalan mulus dan lurus untuk mencapai cita2 bapak :)

i wish you sakses lah!

btw, figur idola saya yang pasti juga bukan saiful jamil apalagi olga syahputra :P