October 12, 2011

Yang bilang mudah siapa???

"...Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) do'a..." (Q.S.Ibrahim 14:39)


Ketika semua usaha dan upaya sudah dijalankan...
Tinggal menyerahkan pada Sang Maha Penentu segala kejadian,...

Sambil menunggu hasil dari serangkaian test yang sudah saya jalani kemaren...
Dengan hati gundah-gulana... secara, selalu aja kan...dibilangin, yang namanya manusia itu cuma bisa berencana...dan berusaha...
Apalagi, dibilang... yang wajib itu usaha... tapi, tidak wajib berhasil...

Tapi, kalo ngebayangin... ga lulus ujian...
It would be like... the world turned upside down...

Agh...udahlah...
Katanya ga boleh mikirin kemungkinan terburuk... secara, itu malah bakal menarik aura "ketidak-berhasilan"... *Law of Attraction*
Mending cerita yang lain aja lah...

Ini sebenernya udah sejak kapan bulan mau saya ceritain, waktu masih di kabupaten...
Tapi selalu urung, karena faktor non-teknis...
MALES!!! *dirajam*

Jadi, waktu itu lagi jaga malem di UGD RS tempat saya tugas...
Meskipun yang namanya pasien jarang, tapi kalo dapet pasien suka aneh-aneh...

Jadi jam 2-an, pagi buta... bahkan klo mimpi aja, paling baru nyampe foreplay... pas lagi tegang-tegangnya... hyaoloh-ngelantur-woy!!!
Dapet pasien, kecelakaan, 2 orang, ga terlalu parah sih... cuma lecet2 aja, tapi yang satu emang butuh dijahit...
Ni orang kebetulan dalam keadaan 1/2 teler... matanya merah kaya belom tidur dari jaman nabi Adam ketemu Siti Hawa di baitul rahmah (supaya nuansa bulan haji-nya ada... iya, emang maksa!).
Dannnn..., kebetulan aja pas persediaan obat bius lokal-nya di UGD sedang habis...
Biasanya sih, ga ada masalah... tinggal kasih resep, suruh beli di apotek RS.
Tapi, sialnya... tu orang lagi ga bawa duit... dan ogah ngomong sama petugas apoteknya....

Sambil bentak-bentak dia minta saya dan perawat jaga untuk ngomong sama orang apotek, "ngutang" dulu... secara, kebetulan... dia itu seorang anggota satpol PP...

Dari pengalaman sebelum-sebelumnya, banyak banget orang minta "dijamin" sama dokter UGD atau perawat yg sedang tugas, bilang bakal balik lagi.... tapi, akhirnya ngabur gitu aja...
Dan akhirnya, kalo gak petugas apoteknya kudu ganti... ya dokter/perawat yang menjaminnya...

Dan itu jam 2 pagi, setelah dijelasin sama si pasien... untuk ngomong aja langsung sama apotek...
mungkin di benak-mabuknya dia merasa tersinggung kalo ga dipercaya...
Makin marah aja tu orang... gebrak-gebrak pintu...

Daripada panjang,... yaudah deh... dirawat luka-lah tu orang...
Dan bener aja, waktu beli obat oral... akhirnya pake uang perawat jaga... dan ga balik-balik lagi...

Sepele sih, sebenernya...
Cuma, sempet dia bilang sambil menuding...
"Sebagai seorang dokter... masa ga mau menolong orang yang sedang kesulitan..."

Agak menohok juga sih omongan tu orang....
Sampe beberapa hari rasanya masih kerasa aja...
Mungkin saya salah...
Kalo aja saya lebih tanggap, yaudah sih... pake uang saya aja, daripada malah jadi ribet gitu...

Dalam skala yang lebih luas...
Kadang suka sedih ... atau miris rasanya...
Kalo lihat di tivi, tentang dugaan malpraktek... akibat terapi dokter "tidak berhasil" menyembuhkan penyakit...
Atau... akibat "efek samping" obat yang menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan...

Seolah-olah pemberitaan itu secara tidak langsung "menuduh"... itu dilakukan dokter dengan kesengajaan...
Atau, kalau ada yang harus bertanggung jawab... ya harusnya dokter!!!

Padahal, mungkin orang lupa... dokter juga "cuma" manusia...

Kalau kesembuhan pasien adalah "tanggung jawab" setiap dokter...
Mungkin tidak ada orang di dunia ini yang mau jadi dokter...

Agh...pusing!!!
Kadang suka pengin bilang sama murid-murid SMA yang mau kuliah itu... JANGAN JADI DOKTER!!!
Udah masuknya susah, kuliahnya susah, di saat temen-temen SMA seangkatan yang kuliah di jurusan lain udah lulus dan bekerja ... lha lulusan S.Ked kudu coass dulu... dan itu gag gampang!!!

Heii...
Bukan... saya ga mencoba mempengaruhi adik-adik yang mau kuliah kedokteran loh ya...
Tiap pilihan emang ada konsekuensinya...

Dan, meskipun kesannya saya agak pesimis dengan pilihan hidup saya sebagai seorang dokter...
Tapi, banyak hal yang bisa saya syukuri dengan jalan hidup yang saya jalani...
Ketika terapi yang saya beri ternyata berhasil menyembuhkan penyakit yang diderita...
Atau, at least... ketika usaha saya sedikit banyak membantu meskipun hasilnya tidak selalu seperti yang diharap...

Ada kebahagiaan dan kepuasan tersendiri yang rasanya sulit untuk dituliskan...

Itulah sebabnya, terlanjur nyemplung... ya udah larut sekalian...
Harapan sangat besar untuk bisa mendalami ilmu yang telah saya miliki... lebih dalam...
Salah satunya ya dengan jalan sekolah lagi...

Dan... pengumuman itu tinggal 1-2 hari lagi...

Tuhan,...
Engkau tahu apa yang ada di dalam benak dan hati ini...
Kalau ini baik menurut-Mu...
Maka mudahkanlah...

Amiin...

Eh iya, tentang asumsi, ucapan dan bentakan pasien di atas...
Salah satu cara saya untuk sedikit menghibur diri sendiri sih...
Ya ga lain dengan dengerin lagu...

"Tiada satu tersembunyi
tiada satu yang terlupa
segala apa yang terjadi
Engkaulah saksinya

Kau yang Maha Melihat
Kau yang Maha Menilai
Kau yang Maha Pemaaf
PadaMu hati bertobat..." (Opick feat. Amanda - Maha melihat)

PS: Maafkan bila saya hanya bisa menjadi manusia biasa...

1 toyoran:

luke! said...

..dan pada akhirnya kesembuhan itu milik Tuhan, dan kita, manusia (termasuk dokter juga ya!) cuma bisa berusaha.

terus terang saya lebih suka ngucapin,"semoga diberikan yang terbaik!" daripada ngucapin,"semoga lulus!" I'm sure you know why :)