March 22, 2009

TAIKO

Judul buku : TAIKO
Penulis : EIJI YOSHIKAWA
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku : 1142 halaman
Harga : 130k-an
Nilai : 5/5








Start from now on... just CALL ME MONKEY!!!

Oke...
Sadar-ga-sadar, dari dulu, saya ga keberatan kalo ada yang panggil saya "Monyet...!!!"
Bahkan, pernah bikin akun di salah satu situs dengan id "drunky monkey"... yang sekarang udah almarhum karena ga pernah login lagi!
Sekarang pun password di imel dan macem-macem akun, mengandung kata monyet... (silakan ditebak!)

Salah seorang teman di dunia maia, cong juga (well...bi tepatnya...merit bo'!), dokter juga, tiap YMan... teguran pertama... alih-alih..."Hi!"... we yelled "Nyetttttttttt!!!" to each other... and it's just fine!!!

Eghhh...begitu baca ni buku, I really don't mind... to be called "Monyeeeettttt!!!"

Kenapa egh... kenapa????
Karena egh...karena... (tetep... dengan iringan lagu dan geal-geol a la Soneta!)

Baca buku setebal lebih dari 1100 ini, bikin saya sedikit banyak terinspirasi dari cerita...tentang menggapai sebuah impian...
Bahwa tak ada yang tak mungkin....

Hiyoshi... seorang anak jepang, dari kalangan rakyat jelata... dengan panggilan monyet...

Perjalanan hidup-nya dari seorang yang "bukan apa-apa" hingga menjadi penguasa negeri Jepang... seorang Taiko...
Berawal hanya sebagai seorang pesuruh... pembawa sendal... tapi, dengan kegigihan...dan "NASIB BAIK"... hingga menjadi seorang yang bisa menyatukan seluruh Jepang dan membawa Jepang ke masa keemasan.

Membaca buku karangan Eiji Yoshikawa ini, buat saya, harus dalam keadaan konsentrasi...
Mengingat... begitu banyak nama tokoh yang diceritakan.
Saking banyaknya... kalo disuruh nyebutin satu-per satu... saya sendiri lupa!!!!

Tokoh utamanya ajah... Hiyoshi... ga kurang dari tiga kali berganti nama, seiring dengan "peningkatan-jabatan"-nya...

Penceritaan yang cukup mendetail... bahkan hampir tiap tokoh yang muncul... sedikit banyak diceritain latar-belakangnya...
Pertempuran demi pertempuran... intrik, dan gambaran watak tokoh-tokohnya digambarkan cukup panjang lebar.

Dari awal, ada tiga tokoh yang cukup menonjol...selain Hiyoshi sang tokoh utama, ada Oda Nobunaga, juga Tokugawa Ieyasu.
Tiga "orang besar" dengan perbadaan karakter...

Sebelumnya, saya kira kisah Hiyoshi ini adalah fiksi karangan Eiji Yoshikawa...
Setelah Wiki-ing, ternyata Toyotomi Hideyoshi adalah tokoh nyata yang pernah hidup jaman baheula di Jepang...

Sehingga, makin kagumlah saya ama Yoshikawa-san yang telah menggambarkan "sejarah" (?) sedetail ini.

Sebenernya dari dulu, saya udah pengin aja baca buku ini... mengingat saya begitu jatuh cinta ama Musashi (sekarang bukunya ilang....huwaaaaaaaa!!!!! Sebbellll!!!) tapi, liat buku setebel batako ini... belum, dengan font sekecil itu... (pun, dengan harga segitu bisa beli dua buku... *kere mode : on*), jadilah keinginan itu selalu tertunda.

Egh... secara saya berangkat PTT...
Dan saya tau, ga bakalan bisa nemu toko buku... (boro-boro... mo nyari kertas buat bungkus puyer aja ga ada...jadilah, saya bungkus puyer pake kertas dari buku... hehehe... boros sih...tapi yang penting jadi!!! hayooo...ada yang mau protes????)
Begitu berangkat PTT, sehari di Jakarta kemaren... beli Buku di Gramed Plaza Semanggi.

Bener aja... buku ini jadi salah satu "pacar" saya yang selalu nemenin waktu luang saya (yang sedikiiittt itu!!!)... pun, selalu siap jadi "body guard" saya (iyah... ada yang mau macem-macem.... mau saya lempar pake ni buku????) heheh...

Akhirnya...setelah "digauli" selama hampir enam bulan... ni buku kelar juga.... fyuhhh... whhata great sort of journey...

Baca buku ini, sedikit banyak...saya jadi belajar...kudu semangat...
Dan, ga ada yang ga mungkin!!!!!

Dan semua butuh proses...
Yep, all these pain... I'm sure gonna be sweet in the last! Ammiiin!!!

6 toyoran:

BoewatChat said...

Dok, kalo mulai suka sejarah non-fiksi yg ditulis ala cerita fiksi, mulai deh dari buku2nya Giles Milton. Yg menarik, krn brsentuhan dgn kisah dibalik penjajahan Nusantara, coba "Nathaniel's Nutmeg" deh.. Dijamin akan punya pandangan baru ttg explorasi ke nusantara oleh orang2 Eropa :)
Btw. Hebat banget bisa namatin Taiko, 6 bulan lagi.. which is too long :p

Manusia Bodoh said...

Giles Milton ya.... ok, waiting list, ntar deh kalo nemu... secara...di sini toko buku-nya...ummm...gitu deh!!!

Baca taiko 6 bulan... leme yah!!!...heheh... ya, emang sengaja dibaca dikit-dikit (*ngeles!*), biar ga mati gaya keabisan hiburan...

lucky said...

Dok, loe masih di jkt ato udah balik?? shout di shoutbox gw yah, gw mo ngomong soal Umar

Manusia Bodoh said...

Lucky! "Masih" di Jakarta???
Sejak kapan saya tinggal di Jakarta?

Ok, mo ngomongin Umar?...ntar saya shout!

Anonymous said...

HUahahahahaha, Taiko memang keren, dok. Jauh lebih keren daripada Shogun-nya James Clavell. Buku ini yang udah mengubah pandangan gw tentang Oda Nobunaga.. Maklum, kalo di game dan film, Nobunaga itu kan sering banget digambarin kejam dan devilish....

Cuma sayang yah, si Hideyoshi itu tidak bisa berkuasa lama.. Begitu dia mati, runtuh semua.

tante girang said...

Slam kenal ya mas