March 22, 2009

Begitulah....PusKesMas...!!!!



Huweeeeiiittsss....
Udah sebulan lebih ga posting... bikin gatel...!!! (*garukin dong bang!!!!*)

Setelah, menempuh 17 jam (!!!) perjalanan di atas Kapal... goyang-goyang... puyeeennngggg... ni aja kalo meremin mata, masih kerasa goyangannya.... itu aja masih untung bukan musim ombak... coba kalo ombak ikutan menggoyang,... mungkin saya bakal bolak-balik muntah... dan dikirain hamil... (iyaaahhhhh...saya tambah 'ndud!!! hiks!!!!), bisa bingung saya kalo ditanya siapa yang harus bertanggung jawab (*lebay dan garing!!!!*).

Saya mau cerita....lebih tepatnya... uneg-uneg... dan jeritan hati (* terlihat sedikit cong (ngondek!) bukan! -ting!-*).

Sebut namanya Umar...
Seorang pelajar SMU, umurnya baru 16 tahun... perawakan biasa ajah...
Salah seorang penduduk yang selalu mengucap salam dengan senyuman ramah tiap kali berpapasan.
Bukan... he's not a cong!!!...I'm not telling you "that kind" of story kok!
Gini,...
Sejak hari kedua (kalo ga salah!) saya menginjakkan kaki di tempat saya tugas itu...
Dia udah dateng ke rumah... minta diperiksa,...
Singkatnya... dia batuk lama dengan riwayat pernah keluar sedikit bercak darah...
Secara, gag ada petugas medis yang jaga, ya udah... cuma bisa beli obat-obat di warung...

Orang umum aja pasti curiga... it's not a common thing to have bleeding cough!
Dugaan saya... TB Paru...

Waktu itu, saya belom melongok keadaan Obat di puskesmas...
Tapi, berdasar "Pembekalan" di Dinas Kesehatan Propinsi, sedikit banyak saya optimis... terapi di Puskesmas tersedia... gratis pula!!!
Secara, emang setahu saya, pemberantasan penyakit TB menjadi salah satu program pemerintah yang sedang gencar-gencarnya digalakkan.
Iklannya Tukul itu loh!!!!

Saya besarkan hatinya, untuk berangkat ke Puskesmas besok paginya untuk ambil obat.
Toh, Puskesmas - SMA hanya bersebelahan.

Seperti udah bisa diduga toh...
Boro-boro obat program penyakit TB yang 1 paket untuk pengobatan selama 6 bulan itu. Lah wong obat-obatan dasar aja... ala kadarnya banget...
Emang sih, secara protap, bila pasien baru menunjukkan gejala... ga bisa langsung di"tembak" (awww!!!) pake obat-obatan "khusus" TB itu.
Jadilah, dia hanya saya beri obat-obatan simptomatis, sebagai obat "coba-coba".
Dengan tambahan antibiotik yang ala kadarnya itu.

Ya, emang... keluhan hanya berkurang sedikit...
Begitu obat habis, kembalilah dia...
Lagi-lagi saya hanya bisa memberi obat yang sama... dengan sedikit penjelasan, dan arahan untuk memeriksakan diri ke instansi yang lebih "lengkap".
Jadi, bisa sekalian dilakukan segala proses pemeriksaan untuk menegakkan diagnosa, demi mengetahui penyebab penyakit dan kemudian diberi terapi yang sesuai.

Tapi, gimana cong!!!! (*menggerutu ngondek ala Palu Butung - kontestan Be a Man - hihhihi*)
Untuk berangkat ke RS terdekat... kudu naek speed-boat, gak kurang 250 ribu perak cuma buat ongkos transport... belom kalo harus diperiksa ini-itu... periksa dahak lah... rontgen lah... belom kalo kudu rawat inap... pun, ga mungkin dia berangkat sendirian.

Serba salah....
Sedikit banyak... I felt kinda useless...

And it was hurt.....!!!!

Sedikit harapan, ketika Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten datang, waktu berita wabah diare itu (akhirnya!) terdengar oleh Dinas...
Diadakan pengobatan massal...

Saya, sedikit bergembira... dengan harapan, mungkin bawa obat-obatan untuk mengisi stok yang banyak kekurangan itu.

Weeee.... lah, kok ya, bawanya cuma obat-obatan yang di Puskesmas masih cukup persediaannya...

Mau protes, ya mau gimana...lah wong tu orang-orang juga kan ga mungkin mau balik lagi ke kabupaten. Pun, belum tentu persediaan di gudang obat ada.

Kembali, saya "mengecewakan" pasien saya, si Umar itu...

Pernah ketika saya "mengadu" ke Dinas" waktu saya meninggalkan Puskesmas sekitar bulan Desember itu.
Saya laporan, di Puskesmas, banyak obat-obatan yang kehabisan...
Weee... lah kok waktu Ibu Ka.Puskes ngadep Dinas, laporan saya malah di"mentah"kan... dia bilang, masih banyak!!!!

Saya sempet kecewa berat,
"Kenapa, eh kenapa????"
"Karena, eh karena...." (*jangan lupa geolannya!*)
Bisa-bisa orang-orang Dinas menyangka saya cuma "mengarang" alasan palsu untuk meninggalkan tempat tugas... (belom lagi... Ibu Ka.Puskes itu mana pernah ada di tempat tugas!!!! arrrgggggghhhhhh!!!!)

Mau, marah... kok, gak nyeni deh...
Saya mutung... langsung cabut ke Ibukota propinsi...ambil gaji dan segala macem masalah administrasi... (juga mencoba mem-"binal"...tapi gagal total!!!! huhuhuhuh...).

Beberapa minggu berlalu,...
Sekembali ke tempat tugas, sesekali ketemu di jalan... di sekolahan... atau sepulang Jum'atan...
Sekedar "basa-basi"...saya selalu tanya gimana batuknya.
Jawabnya, selalu aja masih ada... dia pun selalu bertanya, kapan obat datang...

Menurut info, persediaan obat selama satu tahun akan dateng.
Saya hanya bisa berharap (tak banyak!!! karena selalu saja kecewa!) dan memberinya advis untuk jaga makan... kudu banyak... biar daya tahan tubuh meningkat... semoga, penyakit tidak "menggerogoti"-nya lebih cepat...

Bener ajah... Obat dateng... Banyyyaaaaakkkkkk bangettt.... Hampir setengah gudang penuh.



Tapiiiiiii....
Paracetamol lagi.... Antalgine lagi.... Amoxicillin lagi.... CTM lagi.... Vitamin-vitamin lagi dan obat-obatan yang stoknya ajah masih numpuk.
Dan lucunya.... dan bikin saya (sumpah!) bingung... obat-obatan "penting", seperti obat-obatan darah tinggi... lah kok cuman dikasih 1 box captopril n satu botol Hct... wew... itu untuk stok satu tahun????? kaya, dosis pemberian cukup satu tablet untuk satu bulan????
OTAKNYA ITU LOH, PIYE TOH???!!!!!!!! *hihihihhi*

Kembali ke Umar...
Setelah beberpa kali "dikecewakan"... mungkin dia udah ga terlalu berharap banyak.
Bukan... sikapnya tetap ramah dan bersahabat... toh, dia mengerti... wewenang saya begitu "kecil"... (saking kecilnya... semua yang saya kerjain...somehow, I feel... ga dianggap apa-apa oleh orang-orang dinas itu! - curi-curi curhat mode : on - ).

Sampai suatu waktu di pertengahan bulan Januari.
Sore-sore selepas maghrib... gelap, giliran listrik malam itu gag nyala.
Saya dipanggil.
Ada pasien muntah darah...

Waksssss!!!
Muntah darah?????
Pikiran saya udah langsung ngawang-ngawang (*lebay!*), pasti pasiennya orang udah tua... dengan riwayat keluhan lambung kronis atau bahkan sirosis hari.
Begitu sampai ke rumah... lah kok si Umar!!!! sedang tegeletak...
Ohhhhh, baru jelas... yang dimaksud muntah darah... ya Batuk Darah itu... karena banyaknya... keluar dari mulut... seperti muntah...

Yup, darah segar "tersemprot" ke atas bantal... saya dikasih unjuk...

Dari pemeriksaan, masih kuat sih... tapi, gimanapun... ga bisa ditahan lagi...
Saya cuma kasih apa yang ada...dengan sedikit "memaksa", besok kalo ada speed, harus berangkat ke RS... atau...bisa gawat.
Tega-gak-tega saya bilang sama bapaknya.

Sebagai perawatan, "etok-etok"... saya cuma bisa infus seadanya , tambah vitamin... ekspektoran, dan antibiotik yang itu-itu lagi.

Waktu pasang infus...
Sempat, saya lihat... those tears felt down from his eyes.... Jelas, bukan karena sakit nahan jarum infus yang saya tusuk.

And, somehow.... again, that useless feeling... suddenly apearred...

It was hurting me just as bad...

Besoknya, Umar dan Ayah...berangkat... dan saya lihat sang bapak kelimpungan keliling kampung cari "pinjaman".

Sebelum saya berangkat ini, karena masa tugas saya sudah selesai untuk periode sekarang, Umar kembali... lebih baik... dan benar, dari pemeriksaan, Positif TB Paru.

Selesai????
Belum...ternyata... dokter2 di Rumah Sakit itu... memulangkan Umar, dengan bekal obat "hanya" untuk 2 minggu...dengan pesan...
"Besok kalo udah habis, minta obat gratis di PusKesMas ya...!!!!"
GUBRAGGGGGG!!!

Padahal di dalam surat Rujukan yang saya titipkan... jelas-jelas saya kasih keterangan, di PusKesMas tidak tersedia obat-obatan untuk terapi TB!!!!
PIYEEEEE TOOOOOOOOOOOOHHHHH!!!!

NI saya pergi, cuma bisa titip resep untuk dia tebus kalo obatnya sudah habis.
Dan sempat, saya mengusahakan supaya obat-obatan Program untuk secepatnya dikirim.
Waktu lapor sama Ibu Ka Dinas Kesehatan...
Responnya, lah kok malah seolah-olah adalah kesalahan saya kalo sampe obat-obatan TB ga ada di Puskesmas.
Ngomongnya itu loh nyelekit banget....
Kalo aja dia laki, masih seger buger (bukan ibu-ibu berusia yang seharusnya sudah pensiun!), pengin aja saya tampar (*dengan gemulai* hihihih).
I just couldn't do anything, anymore...
Selain, menggerutu.... ya seperti yang saya tulis sekarang ini...


Igh.... udah kepanjangan...
Pasti bikin males yang baca... heheh...




PS: Mungkin harusnya Ga cukup cuma PusKesMas... tapi PusKesMasMisMeSMuSMoS (=Pusat Kesehatan Masyarakat Miskin, Melayani Seadanya, Mudah-mudahan Sembuh... kalo nggak...Modar Siah!!!!)...
Hallo!!!! Para pejabat-pejabat (yang meng-klaim keberhasilan pembangunan???) yang lagi kampanye nun jauh di sana... APA KABAR????

3 toyoran:

lucky said...

aduhhh bro....gw miris banget denger yang kayak gituan.
disini (di Jawa maksudnya) , banyak banget obat TB yang kebuang karena udah expired.

loe masih di jkt ga?? I want to offer my help

Manusia Bodoh said...

Yup,....itulah... distribusi dan pemerataan, masih error di Indo mah!

Saya ga pernah tinggal di jakarta, boz...

What kind of help do U offer?

Thx in advance!

millatza said...

duh.....ternyata dimana2 semua puskesmas sama aja... :D