March 22, 2014

Doa di separuh perjalanan...



S udah 2 tahun lebih saya menjalani pendidikan, harusnya sih sedikit lebih pintar... 
Tapi, malah makin ngerasa kalo banyak yang ga saya ngerti.
Belom lagi tiap ngadep supervisor, rasanya, pengin menyerah aja... andai menyerah adalah satu pilihan, mungkin udah dari kapan bulan, pengin selesai saja... tapi kalo ga lanjut, terus mau apa?
Pilihan jadi seorang dokter, mengharuskan saya untuk kadang mengesampingkan urusan pribadi, apalagi sebagai residen... ibarat kasta, di rumah sakit itu, Residen itu kasta terendah... meski kadang bisa "nyuruh-nyuruh" coass-coass... tapi si baginda supervisor saya aja bilang,... Rumah Sakit masih bisa berjalan tanpa adanya residen, cukup dengan coass aja...
Percaya atau enggak, yang namanya residen, masih lebih rendah kastanya dibanding mas-mas cleaning service... pagi-pagi, mau periksa pasien.... klo pas lantainya di-pel... jangan harap disenyumin... yang ada dinyolotin... "Masih Basah lantainya, dok...", sepele, tapi... sering ngerasa, it couldn't be any worse...

Setiap hari, saya ketemu sama pasien-pasien... dengan kondisi yang "harusnya" bikin saya harus lebih banyak mengucap syukur... jangan salah ya... maksudnya bukan pas lagi visite pasien, terus pasiennya ngeluh 'blablabla..."... terus saya jawab "syukurin lo..." *ditendang mas cleaning service*
Tapi, sebagai Rumah Sakit rujukan tingkat provinsi... ya kondisi pasien yang saya jumpai hampir tiap hari adalah pasien dengan kondisi "terminal"... atau, at least, multi-pathologic... komplikasi macem-macem... bikin kepala jangar...
Yang kadang, pasien dan keluarga, taunya... udah dibawa ke RS ya "KUDU" sembuh... kalo nggak ada perubahan dalam 1-2 hari... dokternya goblok... *elus dada mas cleaning service* ...

Sering, pengin ikutan nangis kalo harus "breaking bad news" sama pasien/keluarga... there are so many conditions that considered "untreated"...  could not be healed...
Di dada, rasanya "deg!!!".... kalo ditanya... "terus gimana, dok???"... kadang sambil ber-kaca-kaca gitu...
Theoretically, the doctor - patient relationship should be based on professional standards-and-facts, I have to tell the truth, though it would be hard for the patient...
But, you just cant tell how your heart supposed to feel... can you?
*nangis di pojokan... sama mas cleaning service*

And one of the hardest thing was... Just happened to me a few weeks ago,...
Pas lagi bareng temen-temen kelompok penelitian sedang heboh bikin proposal penelitian...
Si babeh dari rumah ujug-ujug nelpon... "Telpon mamah geura, tadi malem  masuk Rumah Sakit,.... sono ceunah"... 
*tiba-tiba hati saya gerimis*...
Saya memang bukan type orang yang tiap kesempatan, tiap ada kejadian, selalu berbagi dengan orang-orang terdekat saya... but it doesn't mean that I don't care...
Pengin pulang, ... tapi, gak semudah itu juga...

Untunglah, kondisi mamah ga parah,... cuma dirawat beberapa hari saja, karena tekanan darah tinggi-nya yang tidak terkontrol... kinda ironic ya...
Sejak jaman SMA saya memang udah tinggal jauh dari rumah... terakhir pulang, waktu lebaran,... rasanya ada mendung di kelopak mata saya,... wanita itu sudah memutih di hampir setiap helai rambutnya...
Setiap pagi, masih harus buka warung untuk mengisi masa tua-nya...
Saya masih ingat, dulu... waktu saya masih kelas 1-2 SD, saya pernah bertanya... "mamah cita-citanya dulu apa? Jadi mamahnya dede ya? *sok imut* mamah cuma ketawa, sambil nyuapin saya makan...
Pernah saya diceritain, proses kelahiran saya yang lebih lama dibanding waktu kelahiran kakak saya... mungkin karena saya masih terlalu betah tinggal di dalam nyamannya rahim mamah...

Jadi gay, banyak yang sok tahu bilang, mungkin karena trauma masa kecil...
As a child, I had a very happy childhood moment...
I thank GOD for having two incredible parents...

Sebenernya, buat saya sekarang... ga ada lagi kekuatan yang bisa bikin saya bertahan,... melainkan untuk membalas jasa kedua orang tua saya... yang mungkin seharusnya sudah sejak lama bisa bersantai menikmati masa tua-nya...

"Tuhan,...
Mungkin saya bukan makhluk favorit di mata-Mu...
Tapi saya mohon, jaga-lah kedua orang tuaku...
Ijinkan saya membuatnya merasa bahagia... meski sedikit saja...
Semoga tak ada rasa sesal di hati-nya, memelihara dan membesarkan saya..."

Amiin...

PS: pengin pulang... tapi jadwal jagaku kok gini.... :'(



5 toyoran:

Apisindica said...

#ngiluan ceurik isuk-isuk :(

Penikmat said...

wuih......
hiks-hiks....

hampir nangis gue baca yang terakhir...
ingat mama dirumah :(

Stephie said...

Aku sekarang juga lagi persiapan lanjut spesialis, Rel ... jauh dari ortu juga... mari kita sebagai dokter2 PPDS perantau ... UNITE!!! *sok2 ngasih semangat padahal mau mewek baca paragraf terakhir*

Stephathology said...

ealah, maap salah... tukan jadi manggil 'Rel' halaahhh .... *getokin kepala sendiri pake stetoskop*

Unknown said...

Aduh gw jg senasib. Pengen stay di jkt tp ga betah bgt. Tapi ortu ga mau pindah.