July 20, 2010

Juga Cuma Manusia...




S ambil jaga, yang semoga aman sampe pagi... Amiin!!!
Leyeh-leyeh di ruang jaga, nonton tivi... sembari ngorong, baca-baca timeline di twitter...
Brosing-brosing yang sebagian besar gagal, biasa... koneksi!!!

Di tivi tayang program, Suara Keadilan... yang mengangkat kisah Ny. K -lupa!!!- yang udah sekitar 3 tahun harus terbaring dalam keadaan lumpuh...
Sebagian besar fungsi tubuhnya hilang akibat "kejadian" yang menimpanya.
Diceritakan, waktu itu beliau mengalami penurunan kesadaran waktu kehamilannya (yang pada awalnya tidak disadari) menginjak umur kehamilan 7 bulan.
Dalam perjalanan-dan dilakukan penanganan medis, bayi lahir dan sekarang sudah menjadi anak yang sehat, namun sayangnya... Sang Ibu mengalami komplikasi yang menyebabkan kelumpuhan seluruh fungsi tubuhnya.

Dari wawancara, terlihat Sang Suami menceritakan kekurangpuasan dan masih bertanya-tanya,
"Siapa yang harus bertanggung jawab atas kejadian yang dialami sang Istri, dengan kecurigaan ada (*tersirat*) malpraktik yang dilakukan terhadap Istrinya"

Awalnya, sempet gemes ngelihat mas pewawancara (-yang gag secakep TimMarbun... heheh, yes, I'm his biggest fan!-) yang mengajukan pertanyaan sedikit banyak seperti "ngomporin" si Bapak.
Tapi, meski ga selama waktu wawancara si Bapak, ada konfirmasi ke pihak dua Rumah Sakit yang sempat didatangi pasangan suami istri itu dulu.
Sedikit banyak, emang terungkap ada miskomunikasi yang terjadi...

Di sini, saya bakal nulis apa-yang ada di dalam pemikiran saya, bukan mengatasnamakan siapa-siapa...
Gag membela satu pihak...
Cuma, sedikit miris aja kalo ngelihat keadaan dunia medis di Indonesia (atau mungkin juga pada umumnya) sekarang.

Sedikit curcol...
Sekilas, dulu saya pernah posting...
Saya jadi dokter sedikit banyak karena atas dorongan orang tua, bahkan kalo saja saya dulu sedikit lebih berkeras untuk nurutin kemauan, mungkin sekarang saya udah jadi temennya Gayus -Manusia Jayus berduit milyaran (tapi kriminal!) itu-, atau jadi kakak kelasnya Jeung Roid si pegawainegeri(berbibirdanberdada)seksi itu, juga jadi ketua geng-nya Mr. Natta - dan maenan boneka-bonekaan bareng... *apaaa coba?*

Makin saya jalani, lama-lama... saya mulai menerima, bahwa ini jalan yang harus saya tempuh....
Banyak suka... ga sedikit juga duka...
Berteman dengan orang-orang mengagumkan,... berbagi ilmu, menimba pengalaman, dan selalu berharap suatu saat dibukakan jalan... amiinn...

Banyak bertemu dengan berbagai macam jenis ragam perilaku manusia dan latar belakang yang berwarna-warni...
Turut merasakan senang dan berucap syukur ketika pasien bisa kembali sehat dari sakitnya...
Tapi, gag jarang harus menjadi kurir berita buruk bagi pasien-pasien yang sudah mengidap penyakit yang "luar biasa"... atau sudah di ujung hayatnya.
Satu hal, saya yakin... ga ada seorang dokterpun yang membawa kabar kematian dan vonis penyakit dengan suka-cita.

Mungkin terlihat seperti pembelaan diri...
Dokter juga hanya manusia... orang biasa... bagian dari rakyat.

Imej yang terbangun di masyarakat, entah sejak kapan, selalu digambarkan kalo dokter itu mesti tajir...
Bahkan dulu, saya lupa siapa, salah seorang guru saya memperingatkan saya kalo menjadi Dokter itu adalah salah satu profesi yang paling dicemburui...
Secara naif, mungkin ada yang beranggapan... jadi dokter tu enak... tanya-tanya,...periksa bentar... pegang-pegang... tulis resep... dapet duid...
Padahal, seorang guru saya bilang, kalo mau jadi orang kaya... jangan jadi dokter...
Terbukti kan, gag ada satupun dokter (atau saya ga tau) ada dokter yang masuk dalam peringkat orang-orang tekaya di dunia versi majalh apalah itu...

Untuk mendapat gelar dokter, mungkin ga banyak yang terlalu memperhatikan...
Kalo di fakultas lain bisa dapet gelar sarjana butuh waktu sekitar 4 tahun, bahkan 3,5 tahun kalo pinter (atau beruntung), dan bisa langsung cari kerja...
Jadi dokter... 4 tahun, emang sih sama-sama dapet gelar Sarjana... tapi, Sarjana Kedokteran doang mau kerja apa??? Mau langsung praktek??? Dijamin ditangkep....
Butuh waktu lebih, jadi kalo ada yang bilang butuh waktu 2-4 tahun buat temen-temen lulusan fakultas selain kedokteran untuk mendapat gaji selevel seorang dokter umum (walau ga sepenuhnya bener!)... jangan lupa, lha ketika temen-temen seangkatan saya yang belajar di fakultas lain udah mulai mencari nafkah... saya masih "nyusu" ke orang tua...

Saya di sini ga membandingkan dan menunjukkan kalo jadi dokter itu "lebih susah" daripada jurusan lain...
Tiap fakultas pasti ada tantangan dan pengalaman berbeda yang ga bisa dibandingkan...
Cuma cerita ajah, sedikit banyak bernostalgia juga...
Masih inget, waktu kuliah... dengan jadwal praktikum yang segabrug...
Ngutruk pagi-pagi jam 6 kudu pretest sebelum praktikum... kuliah... ngerjain tugas... bikin refrat... laporan praktikum... dsb...dsb...
Ngumpulin bahan-bahan kuliah... dan contoh-contoh soal ujian... ngetem di fotokopian...
Sementara temen-temen beda fakultas pada liburan tiap Sabtu... cuma bisa pasrah kudu tetep kuliah atau praktikum...
Minggu, kadang masih kudu ikut tentiran dari asisten dosen, apalagi kalo udah mau deket-deket ujian...

Saya bukan typical mahasiswa seperti Bapak-Bapak yang kemaren diwawancara di Kick Andy a.k.a straight-A-student (deuuuu... si Bapak itu kemaren, bangga bener waktu bilang kalo dia itu nilainya A mulu... sambil pasang mimik datar dan belaga heran... he didn't say it out loud... but his attitude obviously screamed "I'm sooooo effin SMART!!!" *ngiri*), Jadilah, saya butuh waktu yang "lebih" untuk menamatkan studi saya.
Lulus dengan nilai... yaaaa, gitu deghhhh... *ngokkkk!!!* #berasatertohok
Waktu CoAss atau sebagai dokter muda yang mulai berhadapan langsung dengan pasien...
Berbagai peristiwa, yang seru, yang sedih, yang takut, sampe bikin capedeh...

Tapi, kalo dipikir-pikir.... I was just so lucky... mengingat rentetan peristiwa dan "keberuntungan" saya... *menerawang dan bersyukur*

Sampe waktu pertama kali bekerja sebagai profesional di klinik-klinik yang kalo diinget-inget atau dibanding dengan pengalaman temen-temen sejawat, sempet bikin saya mikir "kok saya mau ya dibayar segitu?"... hihihi
Tapi sudahlah... toh yang namanya rejeki itu gag selalu dalam bentuk materi... *jiahhhh... sok bijak... bikin eneg*... X-p

Beberapa tahun belakangan, jaman informasi bebas berkeliaran...
Banyak kasus kedokteran yang dianggap malpraktek telah terjadi.

Contoh salah satu yang paling heboh ya... kasus Ibu Pritta itu...
Atau kasus bayi kembar yang kehilangan indera penglihatan...
Atau seperti yang saya sebut di atas (kasus serupa mungkin udah beberapa kali saya lihat di berita)...

Gini,...
Seperti saya bilang di atas...
Meski keliatannya seperti "ngeles"... tapi kenyataannya, dokter itu ya cuma seorang manusia... orang biasa...
Bukan dewa... atau Tuhan...
Walau tuntutan profesinya kadang membuat seorang dokter seperti "playing GOD"
Profesi yang emang dituntut untuk menolong sesama yang membutuhkan secara keilmuan untuk sebisa mungkin menyembuhkan seseorang dari penyakit... bahkan kalo bisa, menghindarkan - mencegah seseorang dari maut.

Adalah manusiawi, ketika seseorang (baik pasien maupun keluarga pasien) datang memeriksakan diri ke dokter, dengan beragam keluhan penyakit... dan berharap -secara ekstrim- kalo bisa, sekali minum obat, atau digimanain gitu... besoknya sembuh...
Believe me... meskipun pendapatan dokter itu sedikit-banyak datang dari pasien yang memeriksakan penyakitnya... bukan berarti dia berharap pasien yang dia periksa ga sembuh-sembuh supaya datang berobat terus...
Atau, sengaja menyebar penyakit di masyarakat... emang tukang tambal ban (yang kriminal)??? *no offense*

Sumpah... kalo ngelihat pasien pulang setelah saya beri terapi, terus beberapa saat kemudian ketemu di jalan atau di mana gitu... dalam keadaan sehat... there are joy and grateful... padahal dia bukan siapa-siapa saya...
GA ada satu dokterpun yang seneng ketika seorang pasien datang terus karena penyakitnya ga sembuh-sembuh... atau bahkan memburuk...
Karena kita bukan koki... yang makin seneng kalo orang kembali lagi dan lagi...

Setahu saya, amal itu tergantung niatnya...
Saya percaya, ketika seorang dokter, sesuai keilmuannya memberikan terapi kepada pasien... gag ada yang berniat untuk mencelakakan... *kecuali kalo dokternya psycho*
Tapi, things just happened...
Ketika karena satu-atau lain hal... keadaan berjalan tidak seperti yang diharapkan...
Haruskan ada yang disalahkan... ?

Salah seorang guru saya berkelakar, kenapa sekarang makin banyak kasus "malpraktek" yang muncul di masyarakat???
Karena Fakultas Hukum jumlahnya lebih banyak daripada Fakultas Kedokteran... *no offense*... #justkidding

Saya gag bilang kalo yang namanya dokter itu gag bisa disalahkan...
Tapi, kadang persepsi orang juga suka gag sesuai dengan fakta medis yang terjadi...
Seperti beberapa waktu kemaren, di tempat saya kerja ini... baru aja didemo mahasiswa yang tersulut dari bisik-bisik-tetangga (ElviSukaesih banget siyyy!!!)... sampe anggota dewan yang berkuping tipis sempet melakukan sidak...
SekDa ngumpulin seluruh staf di RS... sempet mbentak-mbentak dengan kalimat yang lumayan "nylekit"...

Seorang dokter senior memberikan argumen... agar anggota dewan dan pejabat ga selalu menanggapi persepsi masyarakat berdasar opini saja... tapi mohon dilihat juga dari segi keilmuannya...
Toh, dokter juga bagian dari rakyat... punya hak juga dong untuk didenger aspirasinya...

Pernah denger, jangan terlalu cepat berprasangka...
Karena sebagian dari prasangka itu adalah dosa....

Sekali lagi, saya ga bilang dokter gag mungkin disalahkan... atau gag mungkin berbuat salah... dokter juga manusia kok... manusia itu tempatnya kesalahan kan?
Sayangnya, kalo sekali dokter melakukan kesalahan, urusannya ga sepele... bahkan menyangkut nyawa seseorang...
Itulah pentingnya prosedur...
Kalo seorang dokter melakukan tindakan di luar prosedur dan secara sengaja melakukan hal yang membahayakan, tentu saja ga bisa dibenarkan...

Ummm... ga tau lagi mau nyablak apaan lagi...
Udah cape...

Tapi, satu hal...
Saya masih kudu banyak belajar... semoga suatu hari saya dibukakan jalan...
Pengiiinnnn banget bisa sekola lagi, memperdalam ilmu saya, supaya ga cengoh kalo dapet kasus-kasus ga biasa...
Seperti seorang teman yang baru saja menjalani sebagian dari mimpinya... dia baru saja diterima sebagai residen di salah satu center pendidikan dokter spesialis... *missing him* ...weits... as a friend loghhh... no romance included!!!

Malam ini, sehabis hujan... masih ada rintik dan cucuran air di luar..
Tetap berdoa,... dan gag pernah berhenti berharap...
Kalo ada orang yang pengin banget pensiun dini... lalu menjalani hidup dengan pasive income... dan berleha-leha menikmati sisa usia.
Instead, I wish... I would work as long as I can...


PS: Dear GOD... no matter what I will become...
But, please let... and guide me be something that matter... for goodness... Amiinn!!!


1 toyoran:

Farrel Fortunatus said...

setelah 'gaul' sm banyak dokter (lho?) he he he... gw jd tau kl dokter itu hanya salah satu profesi, profesi yang butuh talenta & pengabdian yang super duper gede. dokter memang bukan Tuhan, tapi dokter adalah perpanjangan tangan Tuhan untuk menyembuhkan dan meringankan penderitaan sesamanya...(even hasil akhirnya adalah sepenuhnya dan mutlak hak prerogatif Tuhan). salut buat km bro!!!.